Memperbaiki Flashdisk Rusak (Write Protected dan Tidak Bisa di Format)

Rabu, 21 Maret 2012

Memperbaiki Flashdisk Rusak (Write Protected dan Tidak Bisa di Format).  Malam tadi saya semaleman coba keliling-keliling Internet karena beberapa software yang biasa saya pakai untuk melakukan perbaikan flashdisk seperti yang flashdisk tidak bisa di format melalui windows tidak berjalan karena tidak bisa memperbaiki salah flashdisk merk SILICON 8 GB.

Kasus untuk Flashdisk tersebut adalah :

  1. Dilihat Propertis Flahsdisk tersebut terlihat 0 byte 
  2. Saat ingin dibuka Flashdisk selalu minta untuk di format ulang
  3. Tidak bisa di format melalui windows dan juga melalui beberapa software untuk repair kerusakan flashdisk.
Karena flashdisk tidak bisa di format menggunakan windows seperti biasa, lalu saya coba untuk mem-format flashdisk tersebut menggunakan beberapa software format flashdisk berikut (catatanteknisi.com):

Software Format Flashdisk 

  1. HP USB Disk Storage Format Tools - (download disini).  Software ini dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat menggunakan windows.
  2. HP Drive Boot Utility (download disini )- Software ini bisa untuk memperbaiki flashdisk yang propertisnya 0 byte
  3. Super Stick Recovery Tools - download disini
  4. Flashdisk Repair - download disini
  5. JetFlash Recovery Tool - download disini
Dengan kelima software tersebut saya gunakan satu persatu tapi hasilnya juga nihil, flashdisk juga tetap tidak bisa diformat dan muncul pesan "device media is write protected", semakin bertambah kebingungan saya, saya coba gunakan software untuk membuka flashdisk write protect tapi ternyata flashdisk tidak dalam keadaanwrite protected.

Semakin bingung saja lalu saya keliling-keliling internet, akhirnya saya menemukan tutorial yang agak rumit tapi dengan tutorial yang rumit tersebutlah akhirnya flashdisk SILICON 8 GB tersebut dapat diperbaiki.

Berikut kutipan langkah-langkah untuk memperbaiki flashdisk yang rusak atau tidak bisa di format atau selalu minta format seperti yang saya kutip dari tituitbom.com:

1. Download software USB Viewer.  Kegunaan software ini adalah untuk mengetahui VID (ID Vendor) dan PID (ID Product) flash disk.

2. Setelah mengetahui VID dan PID yang bisa Anda lihat melalui software USB Viewer di atas lalu dilihat di device connectednya, akan muncul Ox[PID] atau Ox[VID] seperti gambar di bawah ini:


Flashdisk Tidak Terbaca / Tidak Terdeteksi dan Solusinya

3. Lalu silakan kunjungi situs http://www.flashboot.ru/iflash.html

4. Masukkan data VID dan PID flashdisk kita di kotak yang telah disediakan dan klik tombol di sampingnya.

5. Maka akan muncul nama-nama Flashdisk beserta detailnya, cocokkan Flashdisk milik kalian.

6. Setelah mencocokkan, copy tulisan paling kanan dari detail Flashdisk kalian tersebut dan paste di kotak pencarian website tadi di pojok kanan atas.





7. Maka kalian akan disediakan link untuk mendownload software yang diperlukan.

8. Setelah mendownload dengan meng-klik tulisan Ckayatb (saya yakin cara menulisnya bukan seperti itu)

9. Ekstrak file dan buka, dan jalan software yang telah di download tersebut.

10. Flashdisk kalian akan menjadi normal kembali.

Mungkin hanya itu cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat, jika ada cara lain yang kalian tahu. Silakan ditambahkan di kotak komentar di bawah.
-----



Flashdisk Tidak Terbaca / Tidak Terdeteksi dan Solusinya

Flashdisk tidak terbaca atau flashdisk tidak terdeteksi, ada 2 (dua) kemungkinan yang bisa terjadi yang mengakibatkan flashdisk tidak terbaca atau flashdisk tidak terdeteksi, kemungkinan yang pertama karena adanya kerusakan yang terdapat pada komponen fisik dari flas disk tersebut.  Kemungkinan yang kedua adalah terjadinya kerusakan pada software dari flasdisk tersebut.
Flashdisk Tidak Terbaca / Tidak Terdeteksi dan SolusinyaFlashdisk Tidak Terbaca / Tidak Terdeteksi dan Solusinya
Untuk kemungkinan pertama biasanya susah untuk diperbaiki atau bisa dikatakan tidak dapat diperbaiki.  Namun apabila kerusakannya terletak pada software dari flashdisk tersebut maka hal itu kemungkinan besar flashdisk masih bisa diselamatkan.

Kali ini kita akan membahas bagaimana memperbaiki kerusakan flashdisk tidak terbaca atau flashdisk tidak terdeteksi.   Berikut beberapa kerusakan flashdisk yang masih bisa diperbaiki:

Flashdisk hanya terbaca 0 byte
Untuk kasus ini flash tidak terbaca atau hanya terbaca 0 byte ketika kita melihat properties dari flashdisk tersebut.

Untuk mengatasi/memperbaiki kerusakan flashdisk yang hanya terbaca 0 byte, anda bisa menggunakan software HP USB Disk Storage Format Tool.

Kegunaan dari software tersebut adalah untuk mem-format flashdsik, kenapa harus menggunakan software tersebut? hal ini dikarenakan biasanya flashdisk yang mengalami kerusakan tidak terbaca atau hanya terbaca 0 byte tidak bisa di format menggunakan tool format flashdisk bawaan windows.

Cara menggunakan software HP USB Disk Storage Format Tool untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca / tidak terdeteksi (hanya terbaca 0 byte)

  • Download Terlebih dahulu HP USB Disk Storage Format Tool 
  • Setelah di download Install program HP USB Disk Storage Format Tool.
  • Colokkan Flashdisk ke USB PC/Laptop
  • Jalankan Software HP USB Disk Storage Format Tool
  • Pilih lokasi dari flasdisk tersebut 
  • Pilih File System yang diinginkan, Flashdisk umumnya diformat dengan File system FAT32.
  • Klik Start untuk mulai memformat Flashdisk tersebut.
  • Apabila muncul jendela peringatan, klik saja Yes.
Nah, apabila kerusakan pada flashdisk Anda sama dengan kerusakan tersebut. InsyaAllah Flashdisk dapat diperbaiki.

Mungkin itu saja yang dapat saya uraikan karena saya juga jarang menemukan flashdisk yang rusak, selain itu biasanya flashdisk mempunya garansi seumur hidup (life time waranty) sehingga apabila Anda mengalami kerusakan yang serius kembalikan aja ke toko tempat anda membeli flashdisk dan berdoa semoga penjualnya tidak judes sehingga bisa mendapatkan garansi dengan flashdsik yang baru.
-----
Kata Kata
© Copyright 2011 - All rights reserved.
Design by One Design
Bloggerized by Free Blogger Template | Blog Teacher